Kartu Kredit – Saat ini kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang lazim, kehadirannya menyamai uang untuk transaksi berbagai macam kebutuhan baik itu masalah keuangan atau berbelanja. Banyak orang yang lebih memilih menggunakannya sebagai alat pembayaran karena praktis di era modern ini. Peminat kartu kredit ini juga semakin  meningkat sejak setahun belakangan ini, hampir 16,5 juta orang berbondong mendaftarkan diri untuk memiliki kartu kredit.

Namun sayangnya, banyak pengguna kartu kredit yang tidak mengetahui informasi yang cukup tentang kartu kredit, khususnya para pemula. Jenis kartu kredit sendiri juga berbeda-beda, sesuai dengan promo, reward dan cashback bagi pengguna. Banyak bank yang berlomba untuk mengeluarkan fitur kartu kredit, dengan berbagai penawaran yang menggiurkan, dari suku bunga rendah, kartu emas atau platinum dan juga bebas biaya tahunan. Bagi kamu yang berminat untuk memiliki kartu kredit, ada baiknya ikuti langkah berikut, Guys.

Beberapa tips memilih kartu kredit bagi pemula sesuai dengan kebutuhan, diantaranya

– Buat tujuan yang jelas saat membuat kartu kredit

Sebelum membuat kartu kredit, hal ini harus kamu pikirkan terlebih dahulu. Pikirkan alasan kenapa kamu harus memiliki kartu kredit? Apa tujuan memiliki kartu kredit? Jika karena suka belanja, kamu bisa mencari kartu kredit dengan promo diskon, dan cashback di merchant perbelanjaan. Jika untuk travelling, cari kartu kredit yang menawarkan promo diskon tiket pesawat dan hotel tempat menginap.

– Pertimbangkan biaya yang dikenakan

Berikutnya, kamu harus memperhatikan biaya yang dikenakan dalam  pemakaian kartu kredit, seperti biaya admin, iuran tahunan, dan lain-lainnya.

– Cek limitasi

Sesuaikan limitasi dengan pendapatan bulanan yang kamu dapatkan. Hal yang perlu di ingat, kartu kredit bukan uang tambahan, jadi tidak bisa membelanjakan barang dengan harga yang melebihi limitasi kartu kredit yang kamu miliki.

– Pilih kartu kredit dengan suku bunga yang tinggi

Karu kredit yang memiliki suku bunga lebih tinggi, sangat cocok untuk kamu yang menggunakan kartu kredit sebagai pengganti uang tunai saat berbelanja. Meskipun suku bunga tinggi, biasanya kartu kredit jenis ini menawarkan beberapa kelebihan seperti diskon, cashback, dan reward setiap kali kamu melakukan transaksi.

– Perhatikan diskon yang di tawarkan kartu kredit.

Bagi kamu yang suka berbelanja, pastikan kartu kredit yang dipilih memiliki diskon untuk berbelanja di merchant perbelanjaan. Sebelum menggunakan kamu bisa cek merchant apa saja yang bekerja sama dengan bank tersebut.

– Tentukan jenis kartu kredit Emas, Platinum atau Klasik

Saat mengajukan permintaan kartu kredit, pasti akan dihadapkan dengan pilihan jenis kartu kredit dari klasik, emas ataupun platinum. Setiap jenis dari kartu kredit ini memiliki kelebihan masing-masing bagi penggunanya.

– Pastikan keamanan penggunaan Kartu kredit

Pilih penerbit kartu kredit yang memberikan keamanan pada nasabahnya. Misalnya dengan adanya bukti foto diri atau pencetakan tanda tangan pada kartu kredit, hal ini berfungsi untuk menghindari kemungkinan adanya penyalahgunaan pada kartu kredit.

Dengan mengetahui informasi tentang kartu kredit yang akan kamu pilih, kamu bisa memastikan penggunaan lebih terperinci. Tak bisa dipungkiri, kehadiran kartu kredit saat ini sangatlah bermanfaat, ditambah dengan adanya beberapa Marketplace yang menawarkan cicilan untuk mendapatkan barang yang memiliki harga tinggi, untuk memudahkan pembeli. Dengan adanya cicilan tersebut, pasti sangat membutuhkan kartu kredit Online. Dengan canggihnya tekhnologi kartu kredit online bisa dengan mudah kamu dapatkan, melalui pendaftaran online pun bisa. Jadi kamu tidak perlu lagi susah-susah mengurusnya ke Bank. Meskipun begitu, kamu harus tetap bijaksana dalam penggunaan kartu kredit ini ya, Guys.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here