Bisnis syariah kini menjadi tren baru dalam dunia bisnis. Kegiatan yang berdasar pada prinsip islami ini telah memberikan perspektif berbeda untuk dikembangkan lebih lanjut. Hal ini merupakan jawaban serta implementasi dari kebutuhan akan jaminan halal dalam bisnis yang nantinya tentu saja menghasilkan hasil yang barokah. Dilansir dari detik.com, Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menyebutkan bahwa bisnis syariah di Indonesia telah menduduki peringkat 10. Namun sayangnya Indonesia masih menjadi pasar utama bagi produk halal.

Potensi pasar produk halal yang semakin luas semakin mendorong bisnis syariah semakin berkembang. Namun tidak semua bisnis berlabel syariah bisa diketegorikan dalam bisnis yang halal. Berikut ini beberapa konsep bisnis yang sesuai kaidah syariah Islam.
1. Produk yang dijual harus halal. Sehingga produk-produk yang diperjualbelikan tidak boleh mengandung hal yang diharamkan seperti minuman keras, darah, babi, bangkai, prostitusi, dan sebagainya.
2. Bisnis yang dijalankan harus bebas riba.
3. Akad yang dilakukan harus bebas dari ketidakpastian dan peruntungan (gambling).
4. Ada ijab Kabul antara pelaku transaksi yang berarti bahwa ada perjanjian yang telah disepakati oleh dua belah pihak.
5. Dalam transaksi bisnis harus menerapkan prinsip keadilan. Artinya tidak ada salah satu pihak yang dirugikan.

Berdasarkan prinsip dan konsep tersebut, maka hampir semua bidang bisnis bisa dijalankan sesuai syariah. Berikut ini ada beberapa contoh bisnis yang telah banyak ditemui dan berkembang di pasaran.

Berjualan Makanan Halal
Makanan adalah salah satu kebutuhan utama manusia. Hal ini menjadikannya sebagai produk yang berpotensi bersar untuk diserap oleh pasar. Berjualan makanan tidak harus yang berat, Anda bisa mulai merintis bisns dengan berjualan kue atau cemilan ringan. Menerapkan prinsip syariah dalam bisnis ini sangat mudah, Anda hanya perlu memastikan bahan yang diguanakn terjamin kehalalannya. Serta tidak lupa menjaag kebersihan serta menggunakan kemasan yang menarik.

Bisnis Online Halal
Memanfaatkan kecanggihan teknologi dan luasnya peran sosial media tentu akan sangat menguntungkan bagi bisnis syariah. Anda bisa berjualan online dengan biaya yang cukup murah. Namun yang perlu diperhatikan tetap harus menerapkan prinsip syariah dalam bisnis. Beberapa bisnis online yang bisa Anda pilih misalnya menjadi dropsipper, marketer, busana muslim. Atau bagi Anda yang suka menulis bisa memanfaatkannya dengan menjadi blogger atau publisher. Selain itu mungkin tertarik untuk membuka toko online di marketplace yang menjual barang kebutuhan sehari-hari, menjual jasa desain, dan lain sebagainya.

Salon Halal
Kecantikan adalah salah satu bisnis yang makin berkembang. Anda bisa melirik sektor ini untuk mengembangkannya menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Anda bisa menyediakan tempat untuk melakukan treatment kecantikan khusus untuk wanita. Serta menyediakan bahan-bahan untuk perawatan tubuh dan wajah bagi wanita dengan bahan halal. Selain itu, Anda bisa mengembangkannya dengan memproduksi produk perawatan kecantikan yang halal dan menjualnya secara online.

Demikianlah potensi bisnis syariah sebagai bahan referensi bagi usaha Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here