Program Perpaduan Bisnis
Program Perpaduan Bisnis

Credit Guarantee Corporation Malaysia Berhad (CGC) telah sukses menyelenggarakan program yang bertajuk “CGC International BizMatch”. Acara ini merupakan perpaduan bisnis internasional pertama di Jakarta yang mempertemukan Pengusaha Kecil dan Menengah (UKM) dari Malaysia dan pembeli dari Indonesia.

Biz-Match merupakan platform yang dioperasikan oleh Program Pengembangan CGC, untuk memungkinkan UKM Malaysia dapat menjelajah ke pasar lintas negara. Indonesia adalah pasar yang menjanjikan untuk dapat terjadinya hubungan bisnis internasional. Dari data yang diperoleh Negara yang berlambangkan Burung Garuda ini merupakan pasar dengan jumlah belanja konsumen terbesar di ASEAN.

Tiga UKM Malaysia telah bertolak ke Jakarta dan bertemu dengan 15 calon pembeli asal Indonesia. Untuk memantapkan hubungan bisnis, ketiga UKM tersebut secara langsung menampilkan produk terbaik dari usaha mereka.  Setiap UKM Malaysia memiliki kesempatan untuk mepresentasikan produk yang mereka jual serta sasaran pasar yang mereka idamkan.

Ketiga UKM tersebut diantaranya; Mutiara Jingga adalah GMP (Good Manufacturing Practice) & pabrik Halal yang mengkhususkan dalam pembuatan produk OEM kesehatan dan kecantikan. Kemudian hadir juga Hoong Qian penyediakan alas kaki untuk pengecer seperti butik, toko sepatu ritel, pengecer pasar pagi dan malam. Dilanjutkan oleh Wish Dairies yang memproduksi berbagai macam es krim dengan bahan dasar mulai dari Durian, Ubi, Sagu Pandan, Kacang Merah hingga Ketan Hitam.

Yang menjadi sorotan dalam acara ini adalah kehadiran dari Drs. H. Mohamd Sukri, MM selaku Wakil Ketua Umum DEKOPIN dan Ketua Umum Induk Koperasi Pesantren (INKOPPONTREN) didampingi oleh Neddy Rafinaldy, selaku Sekretaris Jenderal untuk Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN). Keduanya memiliki peran penting dalam acara ini. Selain memberikan sambutan bagi UKM Malaysia, Bpk. Mohamad Sukri dan Bpk. Neddy Rafinaldy menyampaikan wawasan luas mengenai pasar Indonesia dan peran koperasi demi meningkatkan perekenomian negara yang mana pembahasannya telah disampaikan untuk dapat memberikan kesepahaman bagi para pebisnis Indonesia dan Malaysia agar kedepannya dapat memiliki ikatan bisnis.

Tak hanya dari sisi pemerintahan yang ambil bagian dalam acara ini. SuperAnt Indonesia selaku digital partner, mengirimkan perwakilannya sebagai pembicara. M. Syahban selaku Business Retail SuperAnt menyampaikan pandangannya terhadap pentingnya paltform berbasis digital guna meperluas pangsa pasar. Beliau juga mengungkapkan bahwa dengan startegi digital akan mempermudah terciptanya komunikasi bisnis yang lebih efektif dengan respon yang lebih cepat.

CGC Internasional BizMatch bertujuan untuk menyesuaikan bisnis yang cocok bagi UKM Malaysia, sehingga siap untuk didirikan dan tumbuh di luar Malaysia. CGC akan memandu UKM untuk memenuhi persyaratan peraturan dan pendanaan dalam memperluas bisnis mereka di Indonesia, ”kata Chief Business Officer CGC, Leong Weng Choong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here