Kartu Kredit – Ada beberapa cara untuk mengajukan aplikasi membuat kartu kredit online. Pada dasarnya langkah-langkahnya tidak berbeda jauh, Anda tinggal memilih cara apa yang paling efisien dan nyaman menurut Anda. Tapi sebelumnya, perhatikan dulu hal penting berikut :

1. Sebelum Anda membuat kartu kredit online, ingat bahwa kartu kredit itu adalah hutang, bukan uang yang cuma-cuma bisa dibelanjakan. Jadi, bijaklah dalam menggunakannya. Ada bunga yang cukup tinggi dan iuran tahunan, jadi tidak bijak jika hanya menggunakan kartu kredit untuk hal-hal konsumtif.

2. Pastikan keadaan keuangan Anda stabil. Jika Anda masih sering menunggak cicilan, berarti belum saatnya mengajukan aplikasi kartu kredit. Batas maksimal cicilan hutang adalah 30% dari take home pay. Lebih dari itu, Anda bisa jadi akan kesulitan.

3. Pahami dulu syarat dan ketentuan kartu kredit yang ingin Anda dapatkan. Semua penawaran bunga 0%, reward, dan lainnya pasti memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku. Sesuikan dengan kebutuhan Anda, bukan keinginan.

Nah, jika sudah mantap ingin memiliki kartu kredit, simak caranya di bawah ini.

1. Melalui website.
Beberapa website financial technology bisa kamu manfaatkan, misalnya www.halomoney.com atau www.cekaja.com. Tinggal isi formulirnya, dan tunggu tim fintech menghubungi Anda. Tidak perlu capek antri, cukup siapkan berkas kelengkapan seperti KTP, KK, dan slip gaji. Jika Anda gagal mengajukan satu kartu kredit, Anda bisa langsung mengajukan kartu kredit lainnya.

2. Melalui laman bank.
Selain melalui website fintech, pengajuan kartu kredit online bisa juga dilakukan melalui website bank yang Anda inginkan. Isi formulir dan data di website tersebut, lalu costumer service bank akan menghubungi Anda dan membantu proses aplikasi. Hanya saja jika Anda gagal, Anda harus mengulangi prosesnya dari awal di bank lain. Cukup memakan waktu.

2. Melalui aplikasi digital banking.
Saat ini rata-rata bank telah memiliki aplikasi digital banking yang dapat Anda unduh di Appstore atau Play Store. Tinggal klik, lalu isi e-form di dalamnya dan lengkapi syaratnya untuk mendapat kartu kredit yang Anda butuhkan. Ada juga aplikasi digital banking yang bukan dari bank tertentu. Contoh aplikasi ini misalnya Jenius dan Kredivo. Sama seperti aplikasi DB yang lain, cukup mengisi form dan melengkapi syarat-syaratnya secara online. Khusus untuk Jenius, saat ini hanya melayani nasabah di kawasan Jabodetabek.

3. Melalui marketplace dan e-commerce
Anda yang sering bertransaksi online bisa juga membuat kartu kredit online di marketplace. Misalnya di Tokopedia. Kartu kredit ini bisa Anda gunakan untuk beragam transaksi online dan offline. Langkah awal, isi dulu form ‘find criteria’ di laman pertama. Form ini akan mempermudah Anda menemukan kartu kredit yang sesuai. Setelah itu Anda tinggal mencermati keterangan kartu kredit dan syaratnya, lalu mengajukan aplikasi.

Gampang sekali kan, membuat kartu kredit online? Silahkan Anda mulai membandingkan jenis kartu yang Anda butuhkan, ajukan aplikasi, dan gunakan dengan bijak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here